Page 50 - bingx
P. 50

7.  Kegiatan Pembelajaran 7
                 7.1.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
                      3.1 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian persamaan trigonometri
                            3.1.6    Menjelaskan  dan  menentukan  penyelesaian  permasalahan  yang
                                   berkaitan dengan pertidaksamaan trigonometri
                      4.1  Memodelkan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
                          trigonometri
                            4.1.6  Memodelkan  dan  menyelesaikan  masalah  yang  berkaitan  dengan
                                   pertidaksamaan trigonometri


                 7.2.  Materi
                      Pertidaksamaan Trigonometri
                           Sebelum mempelajari uraian materi berikut, berdo’alah terlebih dahulu. Semoga
                      Anda dimudahkan dalam memahami materi ini. Aamiin.
                           Berbagai bentuk persamaan trigonometri telah Anda pelajari pada materi-materi
                      sebelumnya.  Pada  kegiatan  pembelajaran  ini,  Anda  akan  mempelajari
                      pertidaksamaan trigonometri bentuk kuadrat yang langkah penyelesaiannya tidak
                      jauh berbeda dengan masalah persamaan trigonometri.
                           Jika  Anda  perhatikan  bentuk  suatu  persamaan,  pasti  Anda  dapati  bahwa
                      persamaan  selalu  memuat  tanda  “sama  dengan  (=)”.  Nah,  suatu  pertidaksamaan
                      dapat  memuat  tanda  >, ≥, <,  atau  ≤.  Beberapa  langkah  yang  digunakan  untuk
                      menyelesaikan pertidaksamaan trigonometri adalah:
                       1.  Pastikan salah satu ruas pertidaksamaan adalah nol
                       2.  Ubah bentuk pertidaksamaan menjadi persamaan
                       3.  Tentukan pembuat nol persamaan tersebut/ titik kritis
                       4.  Gambar garis bilangan dan tentukan interval yang memenuhi pertidaksamaan
                          (Sudut pada ujung interval soal perlu diuji meskipun bukan merupakan pembuat
                          nol pertidaksamaan)

                           Sebagai contoh, silahkan perhatikan penyelesaian pertidaksamaan trigonometri
                      bentuk linear berikut.
                      Contoh 1:
                                                                                          1
                      Tentukan penyelesaian dari pertidaksamaan trigonometri           ≥ √2 pada interval
                                                                                          2
                        0
                                    0
                      0 ≤    ≤ 360 .
                      Penyelesaian:
                       ➢  Pastikan salah satu ruas pertidaksamaan adalah nol
                                   1               1
                                    ≥  √2 ⇔           − √2 ≥ 0
                                   2               2
                       ➢  Ubah bentuk pertidaksamaan menjadi persamaan
                                   1                   1
                                    − √2 ≥ 0 ⇔           − √2 = 0
                                   2                   2
                       ➢  Tentukan pembuat nol persamaan tersebut/ titik kritis



                                                                                                                44
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55