Page 121 - MODUL Geografi kelas XII SEM 1-2021 (1)_EDIT TIM
P. 121

kosong, hutan ladang di sekelilingnya  untuk tempat tinggal, tempat
                                usaha, tempat pendidikan, kantor, ataupun tempat berolahraga dan
                                untuk jalan. Hal ini otomatis memperburuk keseimbangan lingkungan
                                mulai  dari  menciutnya  areal  tanaman,  merosotnya  daya  absorbsi
                                tanah yang kemudian sering berakibat banjir apabila hujan, sampai
                                masalah sampah dengan segala akibatnya.

                                     Demikian  pula  dengan  perkembangan  industri  dan  teknologi
                             mencemari  lingkungan  dengan  asap  knalpopt  kendaraan  bermotor,
                             jelaga  dari  cerobong  pabrik,  air  buangan  pabrik  dan  segala  buangan
                             produk  obat-obatan  anti  hama  seperti  DDT  dan  lain-lain.  Sampah
                             plastik  juga  turut  menambah  permasalahan  bagi  lingkungan  hidup
                             karena  tidak  hancur  lebur  dengan  tanah  seperti  sampah  daun  atau
                             sampah  lainnya  yang  berasal  dari  tumbuh-tumbuhan.  Akibat  dari
                             pembangunan kota dan perkembangan teknologi ini  adalah timbulnya
                             pencemaran lingkungan yang berupa (Marbun, 1994):

                             a.  Pencemaran udara;
                             b.  Pencemaran air;
                             c.  Pencemaran tanah;
                             d.  Kebisingan.

                     3)  Masalah Pendidikan dan Kesehatan
                                 Pendidikan  dan  kesehatan  merupakan  tujuan  pembangunan  yang
                         mendasar.  Kesehatan  merupakan  inti  dari  kesejahteraan,  dan  pendidikan
                         adalah  hal  pokok  untuk  menggapai  kehidupan  yang  memuaskan  dan
                         berharga.  Keduanya  adalah  hal  yang  fundamental  untuk  membentuk
                         kemampuan manusia yang lebih luas yang berada pada inti pembangunan.
                         Pendidikan  memainkan  peranan  utama  dalam  membentuk  kemampuan
                         sebuah  negara  berkembang  untuk  menyerap  teknologi  modern  untuk
                         mengembangkan          kapasitas    agara     tercipta    pertumbuhan      serta
                         pembangunan  yang  berkelanjutan.  Demikian  pula  halnya  dengan
                         kesehatan,      kesehatan     merupakan       prasyarat    bagi     peningkatan
                         produktivitas,  sementara  keberhasilan  pendidikan  juga  bertumpu  pada
                         kesehatan yang baik. Oleh karena itu kesehatan dan pendidikan juga dapat
                         dilihat  sebagai  komponen  pertumbuhan  dan  pembangunan  yang  vital
                         sebagai input fungsi produksi agregat.

                                 Karena perannya yang sangat penting maka pelayanan pendidikan
                         dan  kesehatan  harus  senantiasa  ditingkatkan  baik  kuantitas  maupun
                         kualitasnya.  Todaro  dan  Smith  (2006)  mengatakan  pada  tahun  1950,
                         sebanyak  280  dari  setiap  1.000  anak  di  semua  negara  berkembang
                         meninggal  sebelum  mencapai  usia  lima  tahun.  Pada  tahun  2002,  angka
                         tersebut  telah  menurun  menjadi  120  per  1.000  di  negara-negara  miskin,






                                                                                                              149
   116   117   118   119   120   121   122   123   124   125   126