Page 42 - Buku Modul Bio XII-EMA-Sem.1_EDIT TIM
P. 42

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)


                                              Lembar Kerja Peserta Didik  (LKPD )
                                                             ENZIM

                     A.    Tujuan Pembelajaran

                     Menjelaskan struktur, sifat, cara kerja dan peran enzim dalam metabolisme melalui studi
                     literature dengan teliti, jujur terhadap data dan fakta.


                     B.  Dasar Teori

                     Enzim  adalah  biokatalisator  organik  yang  dihasilkan  organisme hidup  di  dalam
                     protoplasma, yang terdiri atas protein atau suatu senyawa yang berikatan dengan protein.

                     Enzim mempunyai dua fungsi pokok sebagai berikut :
                     1.      Mempercepat  atau  memperlambat  reaksi  kimia. Suatu  reaksi  kimia  yang

                     berlangsung dengan bantuan enzim memerlukan energi yang  lebih rendah. Jadi enzim
                     juga berfungsi menurunkan energi aktivasi.
                     2.      Mengatur sejumlah reaksi yang berbeda-beda dalam waktu yang sama.

                     Enzim disintesis dalam bentuk calon enzim yang tidak aktif, kemudian diaktifkan dalam
                     lingkungan  pada  kondisi  yang  tepat. Misalnya,  tripsinogen  yang  disintesis  dalam
                     pankreas,  diaktifkan dengan  memecah  salah  satu  peptidanya  untuk  membentuk

                     enzim tripsin yang aktif. Bentuk enzim yang tidak aktif ini disebut zimogen.
                     Struktur Enzim
                     Enzim  yang  strukturnya  sempurna  dan  aktif  mengkatalisis,  bersama-sama  dengan

                     koenzim atau gugus logamnya disebut holoenzim.


                     C.      Alat dan Bahan
                         1.      Alat tulis menulis
                         2.      Karton, artikel tentang anabolisme pada makhluk hidup

                         3.      Literatur (buku-buku yang relevan dengan materi pembelajaran)
                     D.    Langkah kerja

                         1.      Peserta didik duduk dalam kelompok yang terdiri dari 3-4 orang.
                         3.      Bacalah LKPD yang telah diberikan
                         4.      Kerjakan soal diskusi yang ada pada LKPD

                         5.      Diskusikan  dan  analisalah  bersama  teman  kelompok  masing-masing  materi
                             yang ada pada soal LKPD dengan membaca sumber/literatur yang anda miliki
                         6.      Presentasikanlah hasil diskusi masing-masing kelompok

                         7.      Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi

                     E.       Bahan Diskusi



                                                                                                               35
   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47