Page 62 - bingx
P. 62

B.  Kegiatan Pembelajaran

             1.  Kegiatan Pembelajaran 1

                 1.1  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
                      3.2  Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus dan cosinus
                            3.2.1   Menerapkan rumus jumlah dan selisih dua sudut pada sinus, cosinus, dan
                                   tangen untuk penyelesaian permasalahan
                      4.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus
                          dan cosinus
                            4.2.1  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih
                                   dua sudut pada sinus, cosinus, dan tangen

                 1.2  Materi 1
                      Rumus Jumlah dan Selisih Dua Sudut pada Sinus
                           Sebelum mempelajari uraian materi berikut, berdo’alah terlebih dahulu. Semoga
                      Anda dimudahkan dalam memahami materi ini. Aamiin.
                           Perhitungan  dalam  trigonometri  melibatkan  banyak  menggunakan  rumus.
                      Namun,  tahukah  Anda?  Sebenarnya  beberapa  rumus  yang  digunakan  merupakan
                      pengembangan atau turunan dari rumus dasar yang telah Anda pelajari. Pada bagian
                      ini, Anda akan mempelajari rumus jumlah dan selisih dua sudut pada sinus, cosinus,
                      dan tangen. Perhatikan uraian berikut.

                           Pada bagian ini, Anda akan mempelajari rumus jumlah dan selisih dua sudut pada
                      sinus, yaitu        (   +   ) dan        (   −   ). Anda pasti masih  mengingat definisi nilai
                      sinus dan cosinus pada segitiga siku-siku.

                                             Dengan menggunakan definisi sinus dan cosinus, akan Anda
                                             dapati:
                                                                             
                                                                             =  =          
                                                                             
                                                                             
                                                                             =      =          

                                                                                                  0
                                                                           0
                      Pada segitiga ABC di atas, berlaku:    +    +    = 180  sehingga    +    = 90
                      Maka, diperoleh:
                                           0
                            (   +   ) =        90
                      ⟺       (   +   ) = 1
                                                                        2
                                                                                 2
                      Mengingat  identitas  trigonometri  bahwa           +         = 1,  maka  akan  Anda
                      dapatkan:
                            (   +   ) = 1
                                           2
                                                    2
                      ⟺       (   +   ) =          +         
                      ⟺       (   +   ) =           ∙           +           ∙          





                                                                                                                56
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67