Page 95 - bingx
P. 95

6.  Kegiatan Pembelajaran 6
                 5.1  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
                      3.2   Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus dan cosinus
                            3.2.4   Menganalisis rumus penjumlahan dan pengurangan sinus & cosinus
                            3.2.5   Mengkreasikan  berbagai  rumus  trigonometri  untuk  menyelesaikan
                                   permasalahan
                      4.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus
                          dan cosinus
                            4.2.4  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus penjumlahan dan
                                   pengurangan sinus & cosinus
                            4.2.5  Menyelesaikan  masalah  yang  berkaitan  dengan  berbagai  rumus
                                   trigonometri

                 5.2  Materi
                      Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Sinus dan Cosinus

                           Pada bagian ini, Anda akan mempelajari rumus penjumlahan dan pengurangan
                      sinus dan cosinus. Dengan menggunakan rumus perkalian sinus dan cosinus yang
                      telah Anda pelajari sebelumnya, Anda akan dapat memperoleh rumus penjumlahan
                      dan pengurangan sinus dan cosinus.
                      Tentunya Anda masih ingat rumus perkalian sinus dan cosinus berikut.
                       ➢     ∙           ∙           =       (   +   ) +       (   −   )
                       ➢     ∙           ∙           =       (   +   ) −       (   −   )
                       ➢     ∙           ∙           =       (   +   ) +       (   −   )
                       ➢  −   ∙           ∙           =       (   +   ) +       (   −   )
                           Dari rumus di atas, dapat Anda kembangkan menjadi rumus penjumlahan dan
                      pengurangan sinus dan cosinus. Perhatikan uraian berikut.
                      Anda misalkan    +    =    dan    −    =   . Selanjutnya, Anda tentukan nilai    +    dan
                         −   
                         +    senilai dengan:          dan            −    senilai dengan:
                         +    =                                       +    =   
                         −    =     +                                 −    =    −
                      2   =     +                                  2   =     −   
                              1                                            1
                      ⟺    = (    +   )                            ⟺    =    (    −   )
                              2                                            2

                      Maka dapat dengan mudah Anda peroleh rumus berikut.
                       ➢  2 ∙           ∙           =       (   +   ) +       (   −   )
                                      1                 1
                          ⟺ 2 ∙        ( (    +   )) ∙        ( (    −   )) =           +          
                                      2                 2
                                                                                               
                          Atau boleh juga ditulis           +           =    ∙        ( (    +   )) ∙        ( (    −   ))
                                                                                               





                                                                                                                89
   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100