Page 86 - bingx
P. 86

PEMBELAJARAN


            Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

             Kompetensi Dasar                            Indikator
             3.6  Menjelaskan  teori  kinetik  gas  dan    3.6.1  Mengidentifikasi  perilaku  gas  melalui
                  karakteristik gas pada ruang tertutup           pengamatan  proses  pemanasan  air
                                                                  misalnya pada ketel uap
                                                           3.6.2  Menganalisis      tentang     penerapan
                                                                  persamaan  keadaan  gas  dan  hukum
                                                                  Boyle-Gay  Lussac  dalam  penyelesaian
                                                                  masalah gas di ruang tertutup
                                                           3.6.3  Menganalisis ilustrasi hubungan tekanan,
                                                                  suhu,  volume,    energi  kinetik  rata-rata
                                                                  gas, kecepatan efektif gas, teori ekipartisi
                                                                  energi, dan energi dalam
             4.6  Menyajikan  karya  yang  berkaitan       4.6.1  Mempresentasikan       hasil   eksplorasi
                  dengan  teori  kinetik  gas  dan  makna         menerapkan persamaan keadaan gas
                  fisisnya                                 4.6.2  Mempresentasikan       hasil   eksplorasi
                                                                  hukum     Boyle    dalam    penyelesaian
                                                                  masalah gas di ruang tertutup


            Tujuan Pembelajaran
            Melalui model pembelajaran Discovery Learning, peserta didik dapat menjelaskan teori kinetik gas
            dan karakteristik gas pada ruang tertutup, dan menyajikan karya yang berkaitan dengan teori kinetik
            gas  dan  makna  fisisnya,  untuk  menghayati  serta  menguatkan  rasa  syukur,  sikap  kerja  keras
            (kemandirian),  disiplin,  berpikir  kritis,  teliti,  tanggung  jawab,  peduli,  kejujuran,  rasa  ingin
            tahu, dan kerjasama (kolaboratif).


























                                                                                                                80
   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91