Page 86 - bingx
P. 86
PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator
3.6 Menjelaskan teori kinetik gas dan 3.6.1 Mengidentifikasi perilaku gas melalui
karakteristik gas pada ruang tertutup pengamatan proses pemanasan air
misalnya pada ketel uap
3.6.2 Menganalisis tentang penerapan
persamaan keadaan gas dan hukum
Boyle-Gay Lussac dalam penyelesaian
masalah gas di ruang tertutup
3.6.3 Menganalisis ilustrasi hubungan tekanan,
suhu, volume, energi kinetik rata-rata
gas, kecepatan efektif gas, teori ekipartisi
energi, dan energi dalam
4.6 Menyajikan karya yang berkaitan 4.6.1 Mempresentasikan hasil eksplorasi
dengan teori kinetik gas dan makna menerapkan persamaan keadaan gas
fisisnya 4.6.2 Mempresentasikan hasil eksplorasi
hukum Boyle dalam penyelesaian
masalah gas di ruang tertutup
Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Discovery Learning, peserta didik dapat menjelaskan teori kinetik gas
dan karakteristik gas pada ruang tertutup, dan menyajikan karya yang berkaitan dengan teori kinetik
gas dan makna fisisnya, untuk menghayati serta menguatkan rasa syukur, sikap kerja keras
(kemandirian), disiplin, berpikir kritis, teliti, tanggung jawab, peduli, kejujuran, rasa ingin
tahu, dan kerjasama (kolaboratif).
80