Page 21 - bingx
P. 21

∙  Berapa lama nilai tersebut telah dianut oleh anggota masyarakat.
            ∙  Tinggi rendahnya usaha orang untuk dapat melaksanakan nilai tersebut.
               Contoh, orang Indonesia pada umumnya berusaha pulang kampung (mudik) di hari-hari besar
               keagamaan, seperti Lebaran atau Natal.
            ∙  Prestise atau kebanggaan bagi orang yang melaksanakan nilai tersebut.
               Contoh,  memiliki  mobil  dengan  merek  terkenal  dapat  memberikan  kebanggaan atau  prestise
               tersendiri.
            b. Nilai mendarah daging (internalized value).
                Nilai mendarah daging adalah nilai yang telah menjadi kepribadian dan kebiasaan sehingga
            ketika  seseorang  melakukannya  kadang  tidak  melalui  proses  berpikir  atau  pertimbangan  lagi
            (bawah sadar). Biasanya nilai ini telah tersosialisasi sejak seseorang masih kecil. Umumnya bila
            nilai ini tidak dilakukan, ia akan merasa malu, bahkan merasa sangat bersalah.
                Contoh,  seorang  kepala  keluarga yang  belum  mampu  memberi  nafkah  kepada  keluarganya
            akan merasa sebagai kepala keluarga yang tidak bertanggung jawab. Demikian pula, guu yang
            melihat siswanya gagal dalam ujian akan merasa gagal dalam mendidik anak tersebut.
                Bagi manusia, nilai berfungsi sebagai landasan, alasan, atau motivasi dalam segala tingkah
            laku  dan  perbuatannya.Nilai  mencerminkan  kualitas  pilihan  tindakan  dan  pandangan  hidup
            seseorang dalam masyarakat.

            FUNGSI NILAI SOSIAL
            1. Memberikan seperangkat alat untuk menetapkan harga social dari suatu kelompok.
            2. Mengarahkan masyarakat dalam berfikir dan bertingkahlaku.
            3. Merupakan penentu akhir bagi manusia dalam memenuhi peranan sosialnya.
            4. Sebagai alat solidaritas bagi kelompok.
            5. Sebagai alat control perilaku manusia
                     c.  Aktivitas Pembelajaran/Lembar Kerja



           LEMBAR KERJA   : Identifikasi macam-macam jenis norma, bentuk pelanggaran & sanksinya.
           TUJUAN              : Setelah mengerjakan lembar kegiatan ini siswa diharapkan dapat memahami
                                macam-macambentuk norma, bentuk pelanggaran dan sanksinya
           LANGKAH-LANGKAH :
           1.  Amati dan kemudian cari informasi dan data mengenai macam-macam jenis norma yang
               terdapat di lingkungan kalian.
           2.  Sumber informasi kalian bisa melalui wawancara terhadap orang tua, tokoh masyarakat,  teman,
               tetangga maupun saudara kalian. Selain itu kalian dapat pula menggali informasi  melalui buku,
               internet, surat kabar lainnya.
           3.  Temukan satu saja contoh bentuk norma, bentuk pelanggaran dan bentuk hukumannya di
               daerah sekitarmu.
           4.  Buatlah laporan hasil identifikasi kalian. Laporan dapat kalian buat dalam bentuk laporan tertulis
               dengan format tabel di bawah.
















                                                                                                               16
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26