Page 21 - XII_MODUL MATEMATIKA PEMINATAN XII SEM 1 (REVISI) SESUAI TEMPLATE BARU_EDIT TIM
P. 21
BAB 2
LIMIT FUNGSI TAK BERHINGGA
KEGIATAN BELAJAR 2.1
KD DAN IPK
Kompetensi Dasar (KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.2 Menjelaskan dan menentukan 3.2.1 Memahami limit di ketakhinggaan fungsi aljabar
limit di ketakhinggaan fungsi dan fungsi trigonometri.
aljabar dan fungsi trigonometri.
3.2.2 Menemukan konsep limit di ketakhinggaan
fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
3.2.3 Menetukan penyelesaian dari suatu limit di
ketakhinggaan fungsi aljabar dan fungsi
trigonometri bentuk pecahan.
4.2 Menyelesaikan masalah 4.2.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
berkaitan dengan eksistensi limit limit di ketakhinggaan fungsi aljabar dan fungsi
diketakhinggaan fungsi aljabar trigonometri sesuai dalam kehidupan sehari-
dan fungsi trigonometri. hari.
Tabel 3. KD dan IPK Limit Fungsi Tak Berhingga Bentuk Pecahan
A. MEMAHAMI LIMIT FUNGSI DI TITIK TAK BERHINGGA
Perhatikan bilangan-bilangan berikut.
1 1 1 … 1 1 …
10 100 1.000 100.000 1.000.000
0,1 0,01 0,001 … 0,00001 0,000001 0,00 … 1
Tabel 4. Bilangan-Bilangan Mendekati 0
1
Tampak bahwa semakin besar pembaginya, nilai menjadi semakin kecil mendekati 0. Hal
1
ini dapat ditulis untuk → ∞ , nilai → 0 . Perhatikan gambar 1 dibawah. Kita dapat melihat
1
bahwa semakin besar nilai , grafik semakin mendekati sumbu X, yang berarti semakin
1
mendekati 0. Dengan demikian dikatakan lim = 0.
→∞
14