Page 10 - MODUL KIMIA GABUNGAN KELAS XII SEM 1-EDIT JUNI 2021 - EDIT TIM
P. 10
B. Kegiatan Belajar
KEGIATAN BELAJAR 1
Tujuan Pembelajaran:
Melalui model pembelajaran discovery learning dengan menggali informasi dari
berbagai sumber belajar, penyelidikan sederhana dan mengolah informasi, diharapkan
siswa terlibat aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, memiliki sikap ingin
tahu, teliti dalam melakukan pengamatan dan bertanggungjawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, membedakan sifat koligatif
larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit, serta menganalisis data percobaan untuk
menentukan derajat pengionan.
Uraian Materi
1). Diagram Fase Larutan
Seperti Ananda ketahui, air dapat berada dalam fasa gas, cair, dan padat
bergantung pada suhu dan tekanan. Larutan terdiri atas zat terlarut dan pelarut.
Zat yang paling sering digunakan untuk pelarut adalah air karena merupakan
pelarut yang baik. Zat-zat yang tidak larut dalam air dapat larut dalam pelarut
organik yang nonpolar, misalnya toluena yang merupakan zat terlarut dalam
pelarut benzena. Semua zat terlarut apapun jenisnya akan memiliki sifat koligatif
jika telah bercampur dengan pelarutnya.
Diagram fasa dapat digunakan untuk menyatakan sifat koligatif larutan,
seperti kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan penurunan tekanan uap. Jika
ke dalam air ditambahkan zat non volatil, larutan yang terbentuk akan memiliki titik
didih lebih tinggi dibandingkan pelarut murninya. Adapun titik beku larutan akan
lebih rendah dibandingkan titik beku pelarut murninya. Mari kita bandingkan
dengan diagram fase larutan dengan diagram fase pelarutnya yaitu H 2O, seperti
tampak pada diagram P – T larutan berikut.
2