Page 96 - Buku Modul Bio XII-EMA-Sem.1_EDIT TIM
P. 96
MODUL 3
SUBSTANSI GENETIKA
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Biologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam atau sains yang
mempelajari konsepsi-konsepsi ilmiah mengenai makhluk hidup. Banyak konsep-konsep dalam
biologi yang saling berhubungan erat dan merupakan kunci untuk memahami konsep-konsep lain.
Salah satu konsep yang dikaji dalam biologi adalah konsep genetika. Materi genetika adalah salah
satu materi pada biologi yang sulit dimengerti. Materi genetika pada jenjang SMA terdiri dari materi
genetik gen, DNA, kromosom, replikasi, sintesis protein, reproduksi sel (mitosis dan meiosis), serta
pewarisan sifat dan mutasi.
Dalam Al-Qur‟an juga terdapat ayat yang menjelaskan tentang genetika salah satunya
yakni pada QS. Abasa ayat 18-19 yang artinya Dari apakah Allah menciptakannya ? Dari setetes
mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya (faqaddarahu). Faqaddarahu memiliki arti “lalu
meng-qadar-kannya”. Qadar dalam bahasa arab berarti menentukan, merencanakan, men-setting,
menyusun, dan dalam bahasa kontemporer dapat diartikan sebagai “memprogram”. Qaddar atau
program ini lebih spesifik lagi sifatnya, karena tidak hanya seperti cetak biru, program ini
mencakup takdir dan nasib si makhluk tersebut. Jadi benar adanya jika ada yang mengatakan
bahwa jika manusia bisa mengaktifkan „tombol‟ positif dalam dirinya maka gen-gen potensi yang
semula tidur bisa bangkit, artinya „program‟ positif yang memang sudah berada dalam sel akan
aktif. Seluruh informasi mengenai fisik dan sifat manusia tersimpan di dalam DNA dan RNA. DNA
dan RNA telah memiliki informasi ini sejak tahapan zygote, ketika pembuahan terjadi.
Informasiinformasi inilah yang dalam tahapan awal, menjadi acuan bagi sel-sel janin untuk
berkembang membentuk organ-organ yang lengkap, yang pada akhirnya akan mempengaruhi
keseluruhan bentuk fisik dan sifat-sifat dasar seorang manusia. Semuanya telah diprogram dan
ditentukan sejak pembuahan terjadi dan zygote terbentuk.
Materi Genetika merupakan salah satu materi yang sering terjadi miskonsepsi di dalam
pelajaran Biologi. Hal ini disebabkan materi Genetika memiliki banyak istilah yang asing dan
dianggap sulit oleh sebagian besar siswa karena materi ini bersifat abstrak. Oleh karena itu,
penulis mengembangkan modul pembelajaran Biologi dengan tema Materi Genetika, dengan
harapan bisa menjadi sarana mempermudah siswa dalam mempelajari dan memahami proses
genetika di dalam tubuh mkhluk hidup dengan pembelajaran secara mandiri.
B. Tujuan Modul
Setelah mempelajari modul ini, diharapkan peserta didik dapat:
1. Menjelaskan struktur kromosom
2. Membedakan bentuk kromosom berdasarkan jumlah dan letak sentromernya
3. Menganalisis gonosom dan autosom pada gambar kariotipe suatu spesies
89