Page 98 - Buku Modul Bio XII-EMA-Sem.1_EDIT TIM
P. 98
7). Apabila kamu masih mengalami kesulitan memahami materi yang ada dalam modul ini,
silahkan diskusikan dengan teman atau guru.
II. PEMBELAJARAN
Kegiatan Belajar
Tujuan Pembelajaran :
Melalui kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran
Discovery learning peserta didik dapat menjelaskan struktur kromosom dengan benar melalui
gambar,membedakan bentuk kromosom berdasarkan jumlah dan letak sentromernya dengan
benar melalui kajian literatur,menganalisis gonosom dan autosom pada gambar kariotipe suatu
spesies dengan benar melalui kajian literatur,membedakan pengertian gen dengan aleldengan
benar melalui kajian literatur,menjelaskan komponen penyusun DNAdengan benar melalui kajian
literatur,menjelaskan mekanisme replikasi DNAdengan benar melalui kajian literatur,menjelaskan
struktur RNAdengan benar melalui kajian literatur,mendeskripsikan jenis RNAdengan benar
melalui kajian literatur,menjelaskan perbedaan DNA dengan RNA dengan menggunakan tabel
dengan benar melalui kajian literatur,menjelaskan tahapan mekanisme sintesis protein dengan
menggunakan bagandengan benar melalui kajian literatur,menyebutkan jenis asam amino
penyusun polipeptida yang dihasilkan dalam sintesis protein dengan benar melalui kajian literatur,
sehingga peserta didik dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan
perilaku disiplin, mandiri, teliti, kreatif, kerjasama dan peduli lingkungan.
Uraian Materi
MATERI GENETIKA
A. KROMOSOM
Kromosom berasal dari bahasalatin yang terdiridari dua kata yaitu chroma = warna dan
soma = tubuh. Sehingga dapat diartikan bahwakromosom ialahstrukturmikroskopis yang
berbentuk seperti benang-benangmenebal. Kromosom terdapat di dalam nukleus.
Kromosom berfungsi membawa sifat keturunan (membawa informasi genetika), karena di
dalam kromosom mengandung gen. Kromosom tersusun atas benang kromatin, benang
kromatin tersusun atas serabut-serabut protein, DNA dan RNA.
91