Page 97 - bingx
P. 97

II. Uraian

               1.  Tuliskan persamaan tetapan kesetimbangan untuk reaksi berikut:
                    a.  CO(g)  +  3H2(g)      CH4(g)  +  H2O(g)
                          +
                    b.  Ag (aq)  +  2NH3(aq)      Ag(NH3)2 (aq)
                                                          +
                    c.  BiCl3(aq)  +  H2O(l)      BiOCl(s)  +  2HCl(aq)
                    d.  Mg(OH)2(s)      MgO(s)  +  H2O(g)
               2.  Ke  dalam  wadah  yang  volumenya  2  L,  dimasukkan  1  mol  gas  CO  dan  2  mol  gas  H 2O
                   sehingga  bereaksi  dan  mencapai  kesetimbangan  berikut  :  CO(g)  +  H2O(g)    CO2(g)  +
                   H2(g). Pada saat setimbang masih ada gas CO 0,5 mol. Hitung harga K C!
                                                                                          o
               3.  Sebanyak 4 mol gas HI dipanaskan  dalam ruang 5 L pada suhu 458 C sehingga terurai
                   dan  membentuk  kesetimbangan  :  2HI(g)  H2(g)  +  I2(g).  Jika  pada  keadaan  setimbang
                   terdapat 0,5 mol I2, tentukan harga tetapan kesetimbangan K C dan KP reaksi itu pada suhu
                   458 C
                       o
               4.  Tetapan  kesetimbangan  reaksi  :  2NO(g)  +  O2(g)    2NO2(g)  mempunyai  KC  =   20   pada
                                                                                                     9
                   suhu tertentu. Berapa mol gas O2 yang harus dicampurkan dengan 5 mol gas NO dalam
                   volum 5 L agar terbentuk 2 mol gas NO pada keadaan setimbang.
               5.  Pada  reaksi  :  2  HCl(g)    H2(g)  +  Cl2(g),  jika  dimasukkan  0,6  mol  HCl  ternyata  harga
                   tetapan kesetimbangan KC = 1, volume 1 L, hitung derajat disosiasi HCl.


                                   Lembar Keterampilan

                    Tujuan :
                    Setelah melakukan diskusi bersama kelompok diharapkan siswa dapat
                    menjelaskan konsep kesetimbangan dinamis.

                    Pernahkah kalian menggunakan benda berikut ini?











                    Gambar di atas adalah gambar anak-anak yang sedang bermain jungkat jungkit.
                    Kalian  tentu  pernah  bermain  jungkat-jungkit.  Apakah  kita  bisa  bermain  jungkat-
                    jungkit  sendirian? Tidak.  Permainan  jungkat  jungkit  adalah  permainan  dua arah.

                    Artinya, untuk dapat balik, harus ada orang lain yang berada di sisi yang lain dari
                    jungkat-jungkit tersebut.

                                                 Pernahkah  kalian  menggunakan  alat  ini?  Apa
                                                 hubungan ilustrasi di atas dengan reaksi kimia?
















                                                                                                               91
   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102