Page 26 - bingx
P. 26
1.3. TES FORMATIF PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN)
Latihan Kegiatan 3.1 : Mari Mengumpulkan Data
Kerjakan
2. tugas berikut dengan santai, serius, selesai dan sukses (ingat
Kalau Ananda melihat materi ataupun latihan di atas, tentu Ananda dapat menyimpulkan
4-S)!
bahwa kehidupan kita tidak lepas dari lingkungan kita. Maka bisa kita katakan bahwa
1. Prinsip geografi yang berkaitan dengan gejala dan fakta yang tersebar di permukaan bumi
manusia dapat dipengaruhi atau mempengaruhi lingkungan. Sekarang Ananda sudah
baik gejala alam dan gejala sosial disebut… (skor 10)
semakin memahami tentang prinsip dan pendekatan geografi . Untuk mengembangkan
2. Untuk memberikan penjelasan lebih jauh tentang gejala-gejala yang terjadi di muka bumi
kemampuan berfikir dan analisis maka kerjakan tugas ketrampilan dibawah ini :
yang dapat diamati, melalui tulisan, tabel, gambar dan grafik yang disajikan melalui fakta,
gejala dan masalah sebab-akibat secara kualitatif atau pun kuantitatif adalah pengertian
dari prisisp…. (skor 10)
3. Wilayah Indonesia mengalami musim hujan yang berkepanjangan sebagai dampak el
nino. Fenomena tersebut dapat dijelaskan menggunakan prinsip ….(skor 10)
4. Sistem saluran drainase (parit) di Samarinda tidak memadai karena saat ini sudah banyak
yang tertutup oleh pembuatan bangunan yang tidak pada tempatnya, sehingga terjadi
genangan air dalam jumlah besar yang menyebabkan banjir, Untuk mengkaji fenomena
tersebut, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan….(skor 10)
5. Kesenjangan pembangunan di Pulau Jawa dan pulau di Inodnesia bagian timur
menyebabkan padatnya jumlah penduduk di Pulau Jawa. Prinsip geografi apakah yang
tepat untuk mengkaji fenomena di atas? Berikan pendapatmu! (skor 30)
6. Pada musim kemarau selalu terjadi kabut asap diwilayah Sumatera dan Kalimantan. Hal
ini disebabkan masyarakat membuka area pertanian dengan cara membakar lahan.
Pendekatan geografi yang sesuai dengan fenomena di atas adalah? Berikan alasanmu!
(skor 30)
Kegiatan 3.2 : Tugas Keterampilan
Carilah peta daerah zona merah atau episentrum persebaran virus corona di
daerahmu dari internet maupun sumber pustaka lainya. Tunjukan daerah mana saja
dan sebutkan alasan mengapa daerah tersebut menjadi zona merah atau episentrum
persebaran dilihat dari prinsip dan pendekatan geografi
a. Prinsip Persebaran covid 19 (sajiakan peta)
b. Prinsip Interelasi (sebab-akibat menjadi zona merah/episentrum)
c. Prinsip deskripsi (data berupa table /grafik ODP, PDP, Positif, meninggal)
d. Uraikan sebab –akibat covid 19 dan solusi yang tepat untuk menyelesaikan
masalah tersebut dikaitan dengan pendekatan geografi
Jangan lupa
Buat laporan dalam bentuk sertakan
paper dan kumpulkan sumbernya
melalui Google Classroom
20