Page 38 - MODUL SOSIO.21.XII.FINAL.RAT_EDIT TIM
P. 38

PEMBELAJARAN III

                                               KETIMPANGAN SOSIAL

            Kegiatan Pembelajaran 3
            a.  Tujuan Kegiatan Pembelajaran:
              Melalui  pendekatan  saintifik  dengan  menggunakan  model  pembelajaran  Problem  Based

              Learning,  dengan  metode  diskusi,  kerja  kelompok,  tanya  jawab  dan  penugasan  peserta  didik
              diharapkan  dapat  menjelaskan  faktor  penyebab  ketimpangan  sosial  dan pertautannya dengan
              perubahan  sosial  di  tengah-tengah  globalisasi.Serta  memahami  faktor  penyebab  ketimpangan

              sosial dan pertautannya dengan perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi.






































              www.toonsmag.com/online-education-rich-vs-poor/amp/.

            b.  Uraian materi:
            A.  Kajian Ketimpangan Sosial

                    1.  Pengertian Ketimpangan Sosial dan kaitannya dengan Globalisasi
                a.  Pengertian Ketimpangan Sosial dan Kesenjangan Sosial

                ➢  Ketimpangan dapat diartikan sebagai sesuatu yang timpang , yangtidak seimbang , tidak
                    adil,  berat  sebelah,  kepincangan,  atau  hal  yang  tidak  sebagaimana  mestinya,yang
                    menunjukkan adanya ketidak beresan (KBBI, 2007:1194)

                ➢  Ketimpangan  sosial  diartikan  sebagai  ketidaksamaan  akses  untuk  mendapatkan  atau
                    memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Sumber daya bisa berupa kebutuhan primer
                    seperti  pendidikan,  kesehatan,  perumahan,  peluang  berusaha  dan  kerja,  dapat  berupa





                                                                                                               29
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43