Page 38 - MODUL SOSIO.21.XII.FINAL.RAT_EDIT TIM
P. 38
PEMBELAJARAN III
KETIMPANGAN SOSIAL
Kegiatan Pembelajaran 3
a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran:
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning, dengan metode diskusi, kerja kelompok, tanya jawab dan penugasan peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan faktor penyebab ketimpangan sosial dan pertautannya dengan
perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi.Serta memahami faktor penyebab ketimpangan
sosial dan pertautannya dengan perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi.
www.toonsmag.com/online-education-rich-vs-poor/amp/.
b. Uraian materi:
A. Kajian Ketimpangan Sosial
1. Pengertian Ketimpangan Sosial dan kaitannya dengan Globalisasi
a. Pengertian Ketimpangan Sosial dan Kesenjangan Sosial
➢ Ketimpangan dapat diartikan sebagai sesuatu yang timpang , yangtidak seimbang , tidak
adil, berat sebelah, kepincangan, atau hal yang tidak sebagaimana mestinya,yang
menunjukkan adanya ketidak beresan (KBBI, 2007:1194)
➢ Ketimpangan sosial diartikan sebagai ketidaksamaan akses untuk mendapatkan atau
memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Sumber daya bisa berupa kebutuhan primer
seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, peluang berusaha dan kerja, dapat berupa
29