Page 22 - Sejarah IPS_XII_Sem 1_Aji Digdaya_EDIT TIM
P. 22

F.  Transportasi Udara di Indonesia


                           Perkembangan  transportasi  udara  Indonesia  dimulai  pada  masa  awal
                    kemerdekaan.Saat  itu  pesawat  yang  digunakan  masih  hasil  modifikasi  Pesawat
                    Cureng/Nishikoren peninggalan Jepang. Pesawat itu dirancang dan dites oleh Agustinus

                    Adisucipto pada Oktober 1945 di atas kota Tasikmalaya. Atas ide Wiweko Soepono dan
                    Nurtanio Pringgoadisuryo dibukalah bengkel pesawat di bekas gudang kapuk di Magetan
                    dekat Madiun.Pesawat NWG-1 menjadi jenis pesawat hasil buatan bengkel tersebut.


                           Perkembangan  pesawat  terbang  sempat  terhambat  karena  pemberontakan
                    Madiun  1948  dan  Agresi  Militer  Belanda.Dunia  penerbangan  Indonesia  kemudian
                    berkembang  lagi  pasca  peristiwa  tersebut.  Bandung  dipilih  menjadi  tempat

                    pengembangan  pesawat  terbang,  khususnya  di  lapangan  terbang  Andir  (Husein
                    Sastranegara).  Pada  1  Agustus 1954,  Indonesia  berhasil  menerbangkan prototype  Si

                    Kumbang  dan  selanjutnya  diluncurkan  pesawat  latih  dasar  Belalang  89  dan  pesawat
                    olahraga Kunang 25.

                           Berbagai  kemajuan  tersebut  membuat  banyak  pihak  optimis  terhadap  industri

                    penerbangan  Indonesia.  Akhirnya  pada  16  Desember  1961  diresmikan  pembentukan
                    Lembaga  Persiapan  Industri  Penerbangan  (LAPIP).Setelah  berbagai  gejolak,  28  April
                    1976 secara resmi didirikan PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio dengan B.J. Habibie

                    selaku Direktur Utamanya. IPTEK akan terus berkembang seiring dengan perkembangan
                    manusia.  Seperti  yang  sudah  kamu  baca  di  atas,setiap  perkembangan  IPTEK  akan

                    membawa dampak positif dan negatif, tinggal
















                                                                                                               15
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27