Page 21 - Sejarah IPS_XII_Sem 1_Aji Digdaya_EDIT TIM
P. 21

cepat dan efektif, dan yang lainnya. Meski begitu, kita harus menggunakan kemajuan

                    teknologi dan informasi ini secara bijak, karena perkembangan ini tetap memiliki dampak
                    negatif.  Adapun  dampak  negatif  yang  dapat  ditimbulkan  seperti  memudarnya  nilai

                    tradisional  dalam  masyarakat,  semakin  banyaknya  pembajakan  hasil  karya,  ataupun
                    menguatnya sikap individualisme. Kira-kira, kamu bisa menyebutkan lagi nggak dampak
                    positif dan negatifnya?


                D.  Batas Teknologi Transportasi

                           Kalau  di  infografis  tentang  sejarah  perkembangan  transportasi  di  dunia,  akan
                    berbeda dengan perkembangan transportasi di Indonesia. Pertama untuk transportasi

                    darat, di Indonesia sedang dibangun jalan-jalan besar untuk menghubungkan daerah-
                    daerah  terpencil.  Salah  satu  jalan  yang  dibangun  adalah  jalan  tol  (jalan  bebas
                    hambatan).jalan tol (singkatan dari tax on location) pertama di Indonesia dibangun pada

                    1973 adalah Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Tol ini mulai digunakan tahun
                    1978 hingga sekarang dan membentang sepanjang kurang lebih 50 km. Pembuatan jalan

                    tol kemudian berkembang di daerah lain di Pulau Jawa dan Sumatra. Dilanjutkan dengan
                    tol  Jakarta  –  Tangerang  sepanjang  33  km  (beroperasi  November  1984),  Surabaya  –
                    Gempol (49 km dan beroperasi Juli 1986). Pembangunan sempat terhenti pada Maret

                    1993 setelah membangun jalan tol Surabaya – Gresik sepanjang 20,7 km dan dilanjutkan
                    dengan pembangunan  Cikampek  –  Purwakarta  –  Padalarang  (Cipularang)  pada  April
                    2005.


                E.  Transportasi Air di Indonesia

                           Perusahaan  kapal pertama  di  Indonesia  bernama N.V.  Nederlandsch  Indische
                    Industrie dan mulai dirintis pada 1823 oleh Gubernur Jenderal Van der Capellen.Untuk

                    mendukung  perusahaan  tersebut,  dibangun  bengkel  reparasi  kapal  pada  1849  di
                    Surabaya.Hingga  pada  1939  perusahaan  tersebut  diubah  namanya  menjadi  Marine

                    Establishment (ME).

                           Pasca  Perang  Dunia  II,  setelah  sempat  dikuasai  Jepang,  Belanda  kembali
                    menguasai  ME.  Setelah  merdeka,  pada  27  Desember  1949,  ME  dikembalikan  ke

                    pemerintah Indonesia dan diubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL).



















                                                                                                               14
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26