Page 75 - bingx
P. 75
PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator
3.5 Menganalisis pengaruh kalor 3.5.1 Menganalisis pemuaian pada rel kereta api,
dan perpindahan kalor yang pemanasan es menjadi air, konduktivitas logam
meliputi karakteristik termal (almunium, besi, tembaga, dan timah.
suatu bahan, kapasitas, dan 3.5.2 Menganalisis pengaruh kalor terhadap
konduktivitas kalor pada perubahan suhu benda
kehidupan sehari-hari 3.5.3 Menganalisis pengaruh perubahan suhu benda
terhadap ukuran benda (pemuaian)
3.5.4 Menganalisis perpindahan kalor secara konduksi,
konveksi dan radiasi
4.5 Merancang dan melakukan 4.5.1 Melakukan percobaan tentang pengaruh kalor
percobaan tentang terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda,
karakteristik termal suatu menentukan kalor jenis atau kapasitas kalor
bahan, terutama terkait logam dan mengeksplorasi tentang azas Black
dengan kapasitas dan dan perpindahan kalor
konduktivitas kalor, beserta 4.5.2 Mengolah data dan menganalisis hasil
presentasi hasil percobaan percobaan tentang kalor jenis atau kapasitas
dan pemanfatannya kalor logam dengan menggunakan kalorimeter
4.5.3 Membuat laporan hasil percobaan dan
mempresentasikannya
Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Discovery Learning, peserta didik dapat menganalisis pengaruh kalor
dan perpindahan kalor yang meliputi karakteristik termal suatu bahan, kapasitas, dan konduktivitas
kalor pada kehidupan sehari-hari dan merancang dan melakukan percobaan tentang karakteristik
termal suatu bahan, terutama terkait dengan kapasitas dan konduktivitas kalor, beserta presentasi
hasil percobaan dan pemanfatannya, untuk menghayati serta menguatkan rasa syukur, sikap kerja
keras (kemandirian), disiplin, berpikir kritis, teliti, tanggung jawab, peduli, kejujuran, rasa
ingin tahu, dan kerjasama (kolaboratif).
69