Page 13 - bingx
P. 13

BESARAN, SATUAN, DAN PENGUKURAN


         1.  KEGIATAN BELAJAR I
            1.1.  KD DAN IPK

                            Kompetensi Dasar                     Indikator Pencapaian Kompetensi
                   3.2    Menerapkan      prinsip-prinsip  3.2.1  Menentukan  nama  besaran,  nama  alat
                          pengukuran    besaran    fisis,        ukur, dan cara mengukur, dan satuan yang
                          ketepatan,   ketelitian,   dan         digunakan secara individu, termasuk  yang
                          angka  penting,  serta  notasi         berlaku di daerah setempat
                          ilmiah                          3.2.2  Mengidentifikasi  alat  ukur  panjang,  alat
                                                                 ukur massa, dan alat ukur waktu
                                                          3.2.3  Menerapkan  cara  membaca  skala,  dan
                                                                 menuliskan hasil pengukuran
                                                          3.2.4  Menerapkan  prinsip-prinsip  pengukuran
                                                                 (ketepatan,  ketelitian,  dan  angka  penting),
                                                                 cara   menggunakan      alat   ukur,   cara
                                                                 membaca  skala,  cara  menuliskan  hasil
                                                                 pengukuran
                   4.2    Menyajikan  hasil  pengukuran  4.2.1  Mengolah  data  hasil  pengukuran  dalam
                          besaran      fisis     berikut         bentuk  penyajian  data,  membuat  grafik,
                          ketelitiannya         dengan           menginterpretasi  data  dan  grafik,  dan
                          menggunakan  peralatan  dan            menentukan  ketelitian  pengukuran,  serta
                          teknik   yang    tepat   serta         menyimpulkan hasil interpretasi data
                          mengikuti    kaidah     angka  4.2.2  Menyimpulkan hasil interpretasi data dalam
                          penting      untuk      suatu          laporan tertulis hasil kerja
                          penyelidikan ilmiah

            1.2.  MATERI

                  Fisika di Sekitar Kita

                  Semua gejala alam yang ada di sekitar kita merupakan bukti kekuasaan Allah swt. Tidak ada
                  ciptaan Allah swt yang sia-sia dan semua yang diciptakan dengan tujuan yang benar dan
                  menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya. Keterangan ini dipetik dari ayat-ayat
                  Allah swt dalam Al-Qur’an surat Al-Furqon : 2 yang artinya:
                  “…  ,  dan  Dia  telah  menciptakan  segala  sesuatu,  dan  Dia
                  menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya.” dan
                  surat  Ar-Raad  :  8  yang  artinya:    “…  Dan  segala  sesuatu
                  pada sisi-Nya ada ukurannya,”
                  Firman  Allah  yang  menetapkan  ukuran-ukurannya  dengan
                  serapi-rapinya mengandung makna bahwa alam semesta ini
                  diciptakan  dengan  besaran-besaran  tersendiri  yang
                  dibuktikan  oleh  gejala  alam  yang  ada  di  sekitar  kita  yang
                  terjadi secara teratur dan sangat rapi. Salah satunya adalah gejala alam di angkasa dimana
                  benda-benda angkasa bergerak teratur dan rapi pada lintasannya masing-masing. Apapun di
                  ala mini adalah ciptaan Allah, dimanapun berada semua ukurannya telah ditetapkan Allah
                  sesuai porsinya masing-masing. Tak ada satupun ciptaan Allah yang sia-sia, semua penuh
                  dengan hikmah yang apabila dikaji oleh manusia tak akan habis sampai kapanpun.




                                                                                                              7
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18