Page 33 - bingx
P. 33

Teori  cardinal  disebut  juga  pendekatan  kepuasan  marginal.  Menurut  teori  ini,

                              tinggi  rendahnya  nilai  suatu  barang  bergantung  subjek  yang  memberikan
                              penilaian.  Artinya,  tingkat  kepuasan  diukur  dan  dinilai  dengan  angka  atau
                              nominal.

                              a)  Hukum Gossen I
                                  Secara  lengkap  Hukum  Gossen  I  berbunyi  “Apabila  suatu  barang
                                  dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu lalu ditambah, kepuasan total yang

                                  diperoleh  juga  bertambah.  Akan  tetapi,  kepuasan  marginal  akan  semakin
                                  berkurang. Bahkan, apabila konsumsi terus dilakukan, tambahan kepuasan
                                  yang diperoleh akan menjadi negatif dan kepuasan total berkurang”.


                              b)  Hukum Gossen II
                                  Hukum  Gossen  II  berbunyi  “Konsumen  akan  membagi-bagi  pengeluaran
                                  uangnya  untuk  membeli  berbagai  macam  barang  sehingga  kebutuhan-

                                  kebutuhannya terpenuhi secara seimbang”.


                          2)  Teori Ordinal (Ordinal Theory)
                             Teori ordinal ini menyatakan bahwa nilai guna barang tidak dapat dihitung, tetapi
                             hanya dapat dibandingkan. Konsumen dapat membuat urutan tinggi rendahnya

                             tingkat kepuasan yang diperoleh dari kegiatan mengonsumsi suatu barang.


            TES FORMATIF PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN)
                   1.  Kegiatan produksi merupakan kegiatan untuk menghasilkan barang dan/atau jasa.
                       Aspek yang sangat berpengaruh pada berlangsungnya kegiatan produksi adalah .....
                        A. Arah produksi
                        B.  Faktor produksi
                        C.  Manfaat produksi
                        D. Permintaan barang
                        E.  Penawaran barang

                   2.  Perhatikan faktor-faktor berikut !
                       1)  Besarnya biaya pengiriman barang
                       2)  Peta persaingan antarprodusen
                       3)  Pertimbangan kualita
                       4)  s produk dan pengemasannya
                       5)  Perusahaan ekspedisi yang digunakan
                       6)  Diskon yang diberikan penjual
                       Faktor- faktor yang mempengaruhi distribusi ditunjukkan oleh angka ...
                       A.  1, 2, dan 3
                       B.  1, 3, dan 4
                       C.  1, 4, dan 5
                       D.  2, 3, dan 5
                       E.  2, 4, dan 5







                                                                                                                27
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38