Page 32 - bingx
P. 32

b.  Tujuan Konsumsi

                           Tujuan  utama  kegiatan  konsumsi  adalah  memenuhi  kebutuhan  hidup.  Seorang
                           konsumen akan mengkonsumsi barang dan/atau jasa untuk memenuhi kebutuhan
                           hidupnya. Setelah kebutuhan hidup terpenuhi, selanjutnya seorang konsumen akan

                           melakukan  kegiatan  konsumen  untuk  mencapai  kepuasan  optimum.  Kepuasan
                           optimum  dapat  diperoleh  melalui  berbagai  kegiatan  seperti  menambah
                           pengetahuan,  membeli  barang  kebutuhan  sekunder  dan  tersier  dan  menjalankan

                           hobi.

                       c.  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumsi

                           Faktor-faktor  yang  mempengaruhi  tingakt  konsumsi  seseorang  atau  masyarakat
                           sebagai berikut.

                          1)  Pendapatan
                              Semakin  tinggi  pendapatan  seseorang,  semakin  tinggi  pula  daya  beli  orang
                              tersebut, dan sebaliknya.

                          2)  Harga Barang dan/atau Jasa
                             Apabila  harga  turun,  tingkat  konsumsi  akan  naik,  dan  sebaliknya.  Akan  tetapi

                             prinsip ini tidak bisa diterapkan terhadap barang dan/atau jasa kebutuhan pokok.
                          3)  Kebiasaan Konsumen
                             Kebiasaan  konsumen  salah  satunya  dipengaruhi  oleh  pendapatan.  Konsumen

                             dengan  pendapatan  tinggi  memiliki  kebisasaan  konsumsi  yang  berbeda  dari
                             konsumen dengan pendapatan rendah.
                          4)  Adat Istiadat

                             Perbedaan  kebutuhan  dalam  upacara  adat  di  tiap  daerah  menandakan  adat
                             istiadat mempengaruhi konsumsi.
                          5)  Harga Barang Substitusi

                             Barang  substitusi  merupakan  alat  pemuas  kebutuhan  manusia  yang  mampu
                             menggantikan fungsi barang lain. Apabila harga suatu barang naik dan mahal,

                             konsumen akan mencari barang pengganti untuk memenuhi kebutuhan serupa.

                       d.  Teori Perilaku Konsumen

                           Teori  perilaku  konsumen  menganalisis  perilaku  konsumen  dalam  mengonsumsi
                           barang  atau  jasa.  Perilaku  konsumen  adalah  aktivitas  berkaitan  dengan  kegiatan
                           konsumsi  barang  dan/atau  jasa  yang  mendasari  konsumen  dalam  menentukan

                           keputusan melakukan pembelian.
                          1)  Teori Kardinal (Carnial Theory)








                                                                                                                26
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37