Page 32 - bingx
P. 32
b. Tujuan Konsumsi
Tujuan utama kegiatan konsumsi adalah memenuhi kebutuhan hidup. Seorang
konsumen akan mengkonsumsi barang dan/atau jasa untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya. Setelah kebutuhan hidup terpenuhi, selanjutnya seorang konsumen akan
melakukan kegiatan konsumen untuk mencapai kepuasan optimum. Kepuasan
optimum dapat diperoleh melalui berbagai kegiatan seperti menambah
pengetahuan, membeli barang kebutuhan sekunder dan tersier dan menjalankan
hobi.
c. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumsi
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingakt konsumsi seseorang atau masyarakat
sebagai berikut.
1) Pendapatan
Semakin tinggi pendapatan seseorang, semakin tinggi pula daya beli orang
tersebut, dan sebaliknya.
2) Harga Barang dan/atau Jasa
Apabila harga turun, tingkat konsumsi akan naik, dan sebaliknya. Akan tetapi
prinsip ini tidak bisa diterapkan terhadap barang dan/atau jasa kebutuhan pokok.
3) Kebiasaan Konsumen
Kebiasaan konsumen salah satunya dipengaruhi oleh pendapatan. Konsumen
dengan pendapatan tinggi memiliki kebisasaan konsumsi yang berbeda dari
konsumen dengan pendapatan rendah.
4) Adat Istiadat
Perbedaan kebutuhan dalam upacara adat di tiap daerah menandakan adat
istiadat mempengaruhi konsumsi.
5) Harga Barang Substitusi
Barang substitusi merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang mampu
menggantikan fungsi barang lain. Apabila harga suatu barang naik dan mahal,
konsumen akan mencari barang pengganti untuk memenuhi kebutuhan serupa.
d. Teori Perilaku Konsumen
Teori perilaku konsumen menganalisis perilaku konsumen dalam mengonsumsi
barang atau jasa. Perilaku konsumen adalah aktivitas berkaitan dengan kegiatan
konsumsi barang dan/atau jasa yang mendasari konsumen dalam menentukan
keputusan melakukan pembelian.
1) Teori Kardinal (Carnial Theory)
26