Page 31 - bingx
P. 31

Pendapatan  bersih  yang  diterima  produsen  atau  penjual,  yaitu  selisih  antara

                              penerimaan (R) dengan biaya (C) yang dikeluarkan. Pendapatan bersih tersebut
                              diharapkan  menjadi  laba  (L)  bagi  produsen.  Laba  maksimum  dapat  dihitung
                              dengan persamaan berikut.


                              R’ adalah penerimaan marginal (MR), sedangankan C’ adalah biaya marginal

                                  (MC).

                    2.  Distribusi

                       a.  Pengertian Disitribusi
                           Distribusi adalah kegiatan menyalurkan atau menjaul barang dan/atau jasa kepada

                           pemakai  akhir  atau  konsumen.  Keputusan  produsen  atau  perusahaan  tentang
                           distribusi menentukan cara produk dapat dijangkau oleh konsumen.
                       b.  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Distribusi

                           Faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi sebagai berikut.
                          1)  Faktor pasar
                          2)  Faktor barang

                          3)  Faktor perusahaan
                          4)  Faktor kebiasaan dalam pembelian
                       c.  Mata Rantai Distribusi

                           Mata  rantai  distribusi  merupakan  serangkaian  jaringan  yang  menyalurkan  produk
                           dari produsen menuju konsumen. Dalam menyalurkan barang komsumsi ada lima

                           jenis saluran yang dapat digunakan sebagai berikut.
                          1)  Produsen-Konsumen
                          2)  Produsen-Pengecer-Konsumen

                          3)  Produsen-Pedagan Besar-Pengecer-Konsumen
                          4)  Produsen-Agen-Pengecer-Konsumen
                          5)  Produsen-Agen-Pedagan Besar-Pengecer-Konsumen


                    3.  Konsumsi
                        a.  Pengertian Konsumsi

                           Konsumsi  merupakan  tindakan  penggunaan  barang  dan/atau  jasa  dengan
                           mengurangi  atau  menghabiskan  nilai  guna  suatu  barang  dan/atau  jasa  untuk

                           memenuhi  kebutuhan  hidup.  Kegiatan  konsumsi  dilakukan  manusia  setiap  hari,
                           terutama  barang-barang  ekonomi  pokok.  Kegiatan  konsumsi  merupakan  tujuan
                           akhir dari serangkaian kegiatan yang dilakukan masyarakat.







                                                                                                                25
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36