Page 31 - bingx
P. 31
Pendapatan bersih yang diterima produsen atau penjual, yaitu selisih antara
penerimaan (R) dengan biaya (C) yang dikeluarkan. Pendapatan bersih tersebut
diharapkan menjadi laba (L) bagi produsen. Laba maksimum dapat dihitung
dengan persamaan berikut.
R’ adalah penerimaan marginal (MR), sedangankan C’ adalah biaya marginal
(MC).
2. Distribusi
a. Pengertian Disitribusi
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan atau menjaul barang dan/atau jasa kepada
pemakai akhir atau konsumen. Keputusan produsen atau perusahaan tentang
distribusi menentukan cara produk dapat dijangkau oleh konsumen.
b. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Distribusi
Faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi sebagai berikut.
1) Faktor pasar
2) Faktor barang
3) Faktor perusahaan
4) Faktor kebiasaan dalam pembelian
c. Mata Rantai Distribusi
Mata rantai distribusi merupakan serangkaian jaringan yang menyalurkan produk
dari produsen menuju konsumen. Dalam menyalurkan barang komsumsi ada lima
jenis saluran yang dapat digunakan sebagai berikut.
1) Produsen-Konsumen
2) Produsen-Pengecer-Konsumen
3) Produsen-Pedagan Besar-Pengecer-Konsumen
4) Produsen-Agen-Pengecer-Konsumen
5) Produsen-Agen-Pedagan Besar-Pengecer-Konsumen
3. Konsumsi
a. Pengertian Konsumsi
Konsumsi merupakan tindakan penggunaan barang dan/atau jasa dengan
mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang dan/atau jasa untuk
memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan konsumsi dilakukan manusia setiap hari,
terutama barang-barang ekonomi pokok. Kegiatan konsumsi merupakan tujuan
akhir dari serangkaian kegiatan yang dilakukan masyarakat.
25