Page 43 - bingx
P. 43

PEMBELAJARAN


            KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

                     Kompetensi Dasar                                    Indikator
             3.3  Menerapkan hukum-hukum           3.3.1  Mengidentifikasi penerapan fluida dalam
                  fluida statik dalam kehidupan            kehidupan sehari-hari
                  sehari-hari                      3.3.2  Menyimpulkan konsep tekanan hidrostatis
                                                   3.3.3  Menyimpulkan konsep hukum Pascal
                                                   3.3.4  Menyimpulkan konsep prinsip hukum
                                                           Archimedes
             4.3  Merancang dan melakukan          4.3.1  Merancang percobaan yang memanfaatkan
                  percobaan yang                           sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil
                  memanfaatkan sifat-sifat fluida          percobaan dan pemanfaatannya
                  statik, berikut presentasi hasil   4.3.2  Melakukan percobaan yang memanfaatkan
                  percobaan dan                            sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil
                  pemanfaatannya                           percobaan dan pemanfaatannya
                                                   4.3.3  Membuat laporan hasil percobaan
                                                   4.3.4  Mempresentasikan penerapan hukum-hukum
                                                           fluida statik

            Tujuan Pembelajaran
            Melalui  model  pembelajaran  Discovery  Learning,  peserta  didik  dapat  menguasai  keterampilan
            dalam  mengidentifikasi  penerapan  fluida  dalam  kehidupan  sehari-hari,  menyimpulkan  konsep
            tekanan  hidrostatis,  menyimpulkan  konsep  prinsip  hukum  Archimedes,  menyimpulkan  konsep
            hukum Pascal, merancang percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi
            hasil percobaan dan pemanfaatannya, ,melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida
            statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya. membuat laporan hasil percobaan,
            mempresentasikan penerapan hukum-hukum fluida statis, untuk menghayati serta menguatkan rasa
            syukur, sikap kerja keras (kemandirian), disiplin, berpikir kritis, teliti, tanggung jawab, peduli,
            kejujuran, rasa ingin tahu, dan kerjasama (kolaboratif).

                                                       BAB III
                                                   Fluida Statis


                  Apakah ananda sudah tahu itu apa fluida? Fluida adalah zat alir atau zat yang dapat mengalir
            yang meliputi zat cair, dan gas karena keduanya dapat mengalir, sebaliknya kayu, batu, dan benda-
            benda keras yang lain atau seluruh zat padat tidak digolongkan kedalam fluida karena tidak bisa
            mengalir.  Bisakah  ananda  memberikan  contoh  benda  apa  saja  yang  termasuk  dalam  zat  cair?
            Pernahkah ananda berteduh di bawah pohon saat terik matahari? Apakah yang ananda rasakan?
            Atau apa yang ananda rasakan saat berada di depan kisi AC yang sedang menyala? Ada angin
            yang berhembus, betulkan? Hembusan angin merupakan contoh udara yang berpindah dari satu
            tempat ke tempat lain.
                  Fluida merupakan salah satu aspek yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari, bisa jadi
            tanpa ada fluida kita juga tidak ada. Penyebabnya adalah karena setiap hari semua makhluk hidup
            bernafas  menghirup  udara,  minum,  mandi,  terapung,  melayang  atau  tenggelam  di  dalamnya.
            Bukankah  setiap  hari  pesawat  udara  terbang  melaluinya  semua  hewan  air  atau  kapal  selam
            melayang di dalamnya atau terapung dan kapal laut mengapung di atasnya. Saat kita bernafas





                                                                                                                37
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48