Page 12 - bingx
P. 12

KEGIATAN BELAJAR II




             A.  Biaya Peluang

                    Biaya Peluang adalah segala sesuatu yang dikorbankan untuk mendapat sesuatu. Biaya
                peluang  sering  disebut  “Opportunity  Cost”.  Berikut  ini  adalah  beberapa  pengertian  biaya

                peluang menurut para ahli adalah sebagai berikut ini :
                 1. Biaya Peluang adalah segala sesuatu yang harus anda korbankan untuk
                     memperoleh  sesuatu (Mankiw 2011) “Menurut N. Gregory Mankiw”.

                 2.  Biaya Peluang adalah biaya dari penggunaan sumber daya ekonomi untuk tujuan tertentu,

                     diukur dalam ukuran keuntungan yang tidak jadi di dapat karena tidak memilih alternatife
                     itu dibandingkan dengan komoditas yang didapat sebagai gantinya karena memilih suatu
                     alternative. (Ekelund Ressler dan tollison, 2006) “Menurut Robert B Ekelund dan Robert

                     D. Tollison”.
                 3. Keputusan mengandung biaya peluang , karena memilih satu hal dalam dunia kelangkaan

                     berarti menyerahkan sesuatu yang lain. Biaya peluang adalah nilai barang atau jasa yang
                     paling berharga yang hilang (Samuelson dan Nordhaus, 2009) “Menurut Paul A
                     Samuelson dan William D. Nordhaus”.



            B.  Prinsip dan Motif Ekonomi


                    Prinsip  ekonomi  adalah  dasar  berpikir  yang  digunakan  manusia  untuk  memaksimumkan
                suatu  tujuan  melalui  pengorbanan  tertentu,  atau  untuk  mencapai  tujuan  tertentu  dengan
                pengorbanan sekecil mungkin, sedangkan motif ekonomi merupakan dorongan yang berasal

                dalam diri yang mampu membuat orang melakukan kegiatan ekonomi. Motif Ekonomi dibagi
                atas tiga bagian:
                 2.  Motif Kegiatan Produksi

                     Hal terbanyak yang mendorong adalah Motif ekonomi (imbalan materi) dan adapula motif
                     non ekonomi (imbalan non materi).
                 3.  Motif Kegiatan Konsumsi

                     Yang  mendorong  kegiatan  ekonomi  adalah  Motif  non  ekonomi  agar  dapat
                     bertahan   hidup,  diterima  dengan  baik  dimasyarakat,  dan  status  sosial  naik  di  mata

                     masyarakat.
                 4.  Motif Kegiatan Distribusi
                     Motif  Distributor  menyampaikan  barang/jasa  dari  produsen  ke  konsumen   untuk  mem-

                     peroleh   laba  sebesar-besarnya.  Tapi  tidak  untuk  semua  distributor.  Contoh:  suatu
                     koperasi membeli pupuk dan pupuk dijual ke petani dengan harga murah / dicicil.





                                                                                                                 6
   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17