Page 6 - Sejarah IPS_XII_Sem 1_Aji Digdaya_EDIT TIM
P. 6
PENDAHULUAN
A. Deskripsi
Kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan abad 21 saat ini
melahirkan kondisi baru baik dari kehidupan sosial, politik, ekonomi maupun budaya. Era ini
juga sering disebut dengan 4.0 atau revolusi industri keempat yang tentunya akan membawa
berbagai dampak baik positif maupun negatif. Dengan kemajuan ini, pendidikan sejarah
berperan penting dalam membangun kesadaran sejarah para generasi penerus bangsa.
Kesadaran sejarah berproses untuk membangkitkan kebanggaas serta tanggung jawab dan
kewajiban.
Arus globalisai seperti saat ini, juga menyebabkan masuknya pengaruh dan budaya
asing tanpa batasan. Oleh karena itu, untuk meminimalisir terjadinya pergesaran nilai-nilai
diperluakan penanaman dan penguatan identitas bangsa sejak dini pada setiap individu,
terutama generasi-generasi muda yang akan mejadi memipin Indonesia di masa depan.
Pedidikan sejarah memiliki peran dalam membentuk dan mempertahankan indentitas bangsa
tersebut dengan melihat kembali peninggalan- peninggalan bangsa sejak masa kerajaa
hingga proses merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indoenesia.
Maka dari itu, diharapakan melalui modul ini ananda dapat memahami bahwa
pembelajaran sejarah tidak hanya hafalan materi semata tetapi juga proses memahami suatu
peristiwa dan mengaitkannya dengan kehidupan masa kini. Sehingga kita dapat lebih bijak
dan lebih cerdas lagi dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dan pengetahuan
dengan tujuan untuk membangun peradaban yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
B. Petunjuk Penggunaan Modul
Pada modul pembelajaran ini, akan dibahas materi sesuai dengan kompetensi dasar yang
sudah ditentukan. Setiap kegiatan pembelajaran akan dilengkapi dengan materi, latihan soal
beserta pembahasan dan diakhiri dengan evaluasi berupa penilaian diri dengan berbagai bentuk
tes yang disesuaikan dengan pembahasan atau materi yang dipelajari. Selain itu juga akan
dilengkapi dengan lembar kerja keterampilan untuk mengasah dan melatih kreativitas perserta
didik.
Supaya ananda berhasil mencapai kompetensi dalam mempelajari modul ini maka ikuti
petunjuk-petunjuk berikut.
1. Bacalah kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi pada modul. Hal ini akan
memberi ananda arah dan petunjuk dan kemampuan yang akan diperoleh setelah
mempelajari modul ini.
vi