Page 62 - MODUL EKONOMI XII SEM 1-2021 Final_EDIT TIM
P. 62
BAB JURNAL PENYESUAIAN &
IV KERTAS KERJA
4. KEGIATAN BELAJAR I
4.1. KD DAN IPK
Kompetensi Dasar : Pengikhtisaran siklus akuntansi perusahaan jasa (Kertas kerja)
Materi : 1. Pengertian Kertas kerja
2. Fungsi Kertas kerja
3. Format Kertas Kerja
4. Jurnal Penyesuaian
4.2. MATERI
A. Pengertian Kertas Kerja.
Pada akhir periode perusahaan wajib menyusun laporan keuangan. Untuk itu
diperlukan alat bantu penyusuan dengan membuat ikhtisar/ringkasan seluruh akun
beserta perubahannya dalam suatu lembar kerja (Worn oncen sering dikenal dengan
Kertas Kerja atau Neraca Lajur.
Jadi Kertas Kerja adalah lembaran berlajur-laiur vang berisi semua saldo akun
beserta perubahannya, sehingga menghasilkan perolehan laba/rugi, serta saldo akhir
akun-akun riil (Harta, Utang, Modal).
B. Fungsi Kertas Kerja
a). Membantu penyusunan laporan keuangan (fungsi utama)
b). Kecuali itu, memudahkan pencatatan penyesuaian dan penutupan dalam
Jurnal/akun buku besar.
C. Format Kertas kerja.
Kertas kerja lajim dibuat 10 kolom, yaitu :
a) Neraca Saldo (Trial balance)
b) Ayat Penyesuaian (Adjustment)
c) Neraca Saldo setelah disesuaian (Adjusted trial balance)
d) Ihtisar Laba/rugi (Income statement)
e) Neraca (Balance Sheet)
Semuanya terdiri dari debet/ kredit.
Formatnya sbb.:
Jurnal Neraca Sld
Neraca Saldo lht. L/r Neraca
No Akun Penyesuaian disesuaikan
D K D K D K D K D K
Cara mengerjakan !!!!
1. Neraca Saldo : Diisi dari saldo akhir akun buku besar telah dibahas di
semester 1
2. Ayat Penyesuaian : Disebut juga perubahan, untuk mencatat perubahan yang
diperlukan setelah memperhatikan informasi yang tersedia di
akhir perriode
55