Page 3 - MODUL EKONOMI XII SEM 1-2021 Final_EDIT TIM
P. 3
KATA PENGANTAR
Ilmu Ekonomi Akuntansi adalah ilmu yang sangat dibutuhkan dalam era millenial mengingat
pemanfaatan sumber daya manusia terhadap kesejahteraan penduduk dunia yang makin
bertambah dan makin kompetitif. Proses belajar ekonomi akan terbentuk dan terasah dengan baik
sejak remaja akan dapat menghasilkan sumberdaya manusia inovatif yang mampu membebaskan
bangsa dan negaranya dari ketergantungan pada sumberdaya alam. Modul ini membekali peserta
didik dengan kemampuan menganalisis dan mempraktekan ilmu akuntansi yang dimiliknya secara
efektif dan efisien guna menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.
Peserta didik diharapkan akan lebih kritis terhadap isu-isu ekonomi nasional maupun internasional
sebagai bekal pengetahuan dan kemampuan menganalisis peristiwa ekonomi yang sedang dan
akan terjadi. Modul ini mencakup aktivitas dan materi pembelajaran yang secara utuh dapat
meningkatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk
menciptakan karya nyata, menangkap peluang pasar dunia, dan menciptakan kegiatan ekonomi
yang mampu untuk meningkatkan pengetahuan dan kejahteraan nasional.
Pembelajaran ini dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah transaksi akuntansi yang
terjadi di dunia.Sebagai mata pelajaran wajib bagi seluruh kelas XII, tambahan materi Praktek
Akuntansi ini dibuat untuk memperkenalkan kepada siswa SMA, agar memahami proses akuntansi
perusahaan jasa dengan badan usaha perorangan yang sangat sederhana; dimulai dari mengenal
bukti pencatatan (transaksi/kejadian), mencatat, mengihtisarkan hingga menyusun laporan
keuangan. Dan praktek ini dapat dipakai sebagai tugas mandiri tidak terstruktur yang relevan
sangat diharapkan untuk ditambahkan sebagai pengayaan dari modul ini.Modul ini sangat terbuka
dan perlu kritik saran untuk dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, mudah-
mudahan dari sebuah modul ini dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan SMA
Muhammadiyah 1 Yogyakarta khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya dalam rangka
mempersiapkan generasi kreatif inovatif menuju revolusi industri 4.0 dan mewujudkan Indonesia
Emas.
Yogyakarta, Juli 2021
Penulis
iii