Page 7 - bingx
P. 7
PENDAHULUAN
A. Deskripsi
Alhamdulillahirobbil’alamin, puji syukur tak lupa kami dipanjatkan ke hadirat Allah
SWT. atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan
Modul Pembelajaran Sejarah Peminatan untuk SMA Kelas X Kelompok Peminatan Ilmu
Pengetahuan Sosial. Tak lupa kami sampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak
yang telah membantu dan membimbing dalam proses penyelesaian modul ini.
Modul ini disusun dengan mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan siswa,
terutama siswa SMA. Selain itu, penyusunan modul ini juga disusun berdasarkan konsep
pembelajaran abad 21 dimana pembelajaran tidak lagi terpusat pada guru. sehingga
diharapakan peserta didik dapat memaksimalkan potensi dan kreativitasnya dengan
bimbingan guru dalam proses pembelajaran.
Diharapkan modul ini dapat membantu peserta didik memahami materi yang
berkaitan dengan mata pelajaran Sejarah Peminatan SMA di Kelas X Kelompok
Peminatan. Akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu dalam penyusunan modul ini. Kritik dan saran sangat kami harapkan untuk
perbaikan modul ini di masa yang akan datang, agar lebih baik lagi.
B. Pentunjuk Penggunaan Modul
Pada modul pembelajaran ini aka dibahas materi sesuai dengan kompetensi dasar
yang sudah ditentukan. Setiap kegiatan pembelajaran akan dilengkapi dengan materi,
latihan soal beserta pembahasan dan diakhiri dengan evaluasi berupa penilaian diri
dengan berbagai bentuk tes yang disesuaikan dengan pembahasan atau materi yang
dipelajari. Selain itu juga akan dilengkapi dengan lembar kerja keterampilan untuk
mengasah dan melatih kreativitas perserta didik. Supaya ananda berhasil mencapai
kompetensi dalam mempelajari modul ini maka ikuti petunjuk-petunjuk berikut.
1. Bacalah kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi pada modul. Hal ini
akan memberi ananda arah dan petunjuk dan kemampuan yang akan diperolah setelah
memperlajari modul ini.
2. Bacalah modul ini secara berurutan dan pahami isinya terlebih dahulu..
3. Pelajari permasalahan dengan seksama sesuai pemahaman ananda dan bukan
menghafalkan.
4. Laksanakan semua tugas-tugas yag ada dalam modul ini agar kompetensi ananda
berkembang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan
5. Setiap mempelajari materi, ananda dapat memulai dari menguasai pengetahuan
pendukung (uraian materi) melaksanakan tugas-tugas, dan mengerjakan lembar latihan
vi