Page 61 - bingx
P. 61
PEMBELAJARAN
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar Indikator
3.4 Menerapkan prinsip fluida 3.4.1 Menemukan persamaan kontinuitas melalui
dinamik dalam teknologi berbagai sumber
3.4.2 Menemukan persamaan hukum Bernoulli melalui
berbagai sumber
3.4.3 Menjelaskan kaitan antara kecepatan aliran
dengan luas penampang,
3.4.4 Menjelaskan hubungan antara kecepatan aliran
dengan tekanan fluida
3.4.5 Menjelaskan penyelesaian masalah terkait
penerapan azas kontinuitas dan azas Bernoulli
4.4 Membuat dan menguji 4.4.1 Membuat ilustrasi tiruan aplikasi Azas Bernoulli
proyek sederhana yang (alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat)
menerapkan prinsip secara berkelompok
dinamika fluida 4.4.2 Mempresentasikan laporan hasil produk tiruan
aplikasi azas Bernoulli
Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Discovery Leaning, peerta didik dapat menguasai keterampilan dalam
menemukan persamaan kontinuitas melalui berbagai sumber, menemukan persamaan hukum
Bernoulli melalui berbagai sumber, menjelaskan kaitan antara kecepatan aliran dengan luas
penampang, menjelaskan hubungan antara kecepatan aliran dengan tekanan fluida, menjelaskan
penyelesaian masalah terkait penerapan azas kontinuitas dan azas Bernoulli, membuat ilustrasi
tiruan aplikasi Azas Bernoulli (alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat) secara berkelompok,
mempresentasikan laporan hasil produk tiruan aplikasi azas Bernoulli, untuk menghayati serta
menguatkan rasa syukur, sikap kerja keras (kemandirian), disiplin, berpikir kritis, teliti, tanggung
jawab, peduli, kejujuran, rasa ingin tahu, dan kerjasama (kolaboratif).
BAB IV
Fluida Dinamis
Bagaimanakah distribusi air PAM ke pelanggan? Bagaimana pula distribusi gas Negara ke
pelanggan? Bagaimana BBM dipindahkan ke tanki kendaraan ananda? Jawaban semuanya adalah
distribusi melalui pipa sehingga sampai ke ke pelanggan.
Fluida dinamis adalah fluida yang dapat mengalir. Perlu kita kenali ciri-cirinya:
1) Tidak kompresibel, jika diberi tekanan maka volumenya tidak berubah
2) Tidak mengalami gesekan, Pada saat mengalir, gesekan fluida degan dinding dapat diabaikan.
3) alirannya stasioner, tiap paket fluida memiliki arah aliran tertentu dan tidak terjadi turbulensi
(pusaran-pusaran).
4) alirannya tunak (steady), aliran fluida memiliki kecepatan yang konstan terhadap waku
Kata hidrodinamika pertama dikenalkan oleh Daniel Bernoulli pada tahun 1700-1783 untuk
mengenalkan dua macam ilmu hidrostatik dan hidraulik. Beliau mengeluarkan teori yang terkenal
dengan nama teori Bernoulli.
Fluida Dinamis (Fluida Bergerak) atau Hidrodinamika merupakan salah satu cabang ilmu yang
berhubungan dengan gerak liquid atau lebih dikhususkan pada gerak air. Skala atau lingkup analisis
55