Page 61 - bingx
P. 61

PEMBELAJARAN


            KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
                   Kompetensi Dasar                                    Indikator
             3.4  Menerapkan prinsip fluida    3.4.1  Menemukan persamaan kontinuitas melalui
                  dinamik dalam teknologi              berbagai sumber
                                               3.4.2  Menemukan persamaan hukum Bernoulli  melalui
                                                       berbagai sumber
                                               3.4.3  Menjelaskan kaitan antara kecepatan aliran
                                                       dengan luas penampang,
                                               3.4.4  Menjelaskan hubungan antara kecepatan aliran
                                                       dengan tekanan fluida
                                               3.4.5  Menjelaskan penyelesaian masalah terkait
                                                       penerapan azas kontinuitas dan azas Bernoulli
             4.4  Membuat dan menguji          4.4.1  Membuat ilustrasi tiruan aplikasi Azas Bernoulli
                  proyek sederhana yang                (alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat)
                  menerapkan prinsip                   secara berkelompok
                  dinamika fluida              4.4.2  Mempresentasikan laporan hasil produk tiruan
                                                       aplikasi azas Bernoulli

            Tujuan Pembelajaran
            Melalui model pembelajaran Discovery Leaning, peerta didik dapat menguasai keterampilan dalam
            menemukan  persamaan  kontinuitas  melalui  berbagai  sumber,  menemukan  persamaan  hukum
            Bernoulli    melalui  berbagai  sumber,  menjelaskan  kaitan  antara  kecepatan  aliran  dengan  luas
            penampang, menjelaskan hubungan antara kecepatan aliran dengan tekanan fluida, menjelaskan
            penyelesaian masalah terkait penerapan azas kontinuitas dan azas Bernoulli, membuat ilustrasi
            tiruan aplikasi Azas Bernoulli (alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat) secara berkelompok,
            mempresentasikan  laporan  hasil  produk  tiruan  aplikasi  azas  Bernoulli,  untuk  menghayati  serta
            menguatkan rasa syukur, sikap kerja keras (kemandirian), disiplin, berpikir kritis, teliti, tanggung
            jawab, peduli, kejujuran, rasa ingin tahu, dan kerjasama (kolaboratif).

                                                       BAB IV

                                                 Fluida Dinamis

                  Bagaimanakah distribusi air PAM ke pelanggan? Bagaimana pula distribusi gas Negara ke
            pelanggan?  Bagaimana BBM dipindahkan ke tanki kendaraan ananda? Jawaban semuanya adalah
            distribusi melalui pipa sehingga sampai ke ke pelanggan.
            Fluida dinamis adalah fluida yang dapat mengalir. Perlu kita kenali ciri-cirinya:
            1)  Tidak kompresibel, jika diberi tekanan maka volumenya tidak   berubah
            2)  Tidak mengalami gesekan, Pada saat mengalir, gesekan fluida degan dinding dapat diabaikan.
            3)  alirannya stasioner, tiap paket fluida memiliki arah aliran tertentu dan tidak terjadi turbulensi
                (pusaran-pusaran).
            4)  alirannya tunak (steady), aliran fluida memiliki kecepatan yang konstan terhadap waku
                  Kata hidrodinamika pertama dikenalkan oleh Daniel Bernoulli pada tahun 1700-1783 untuk
            mengenalkan dua macam ilmu hidrostatik dan hidraulik. Beliau mengeluarkan teori yang terkenal
            dengan nama teori Bernoulli.
                  Fluida Dinamis (Fluida Bergerak) atau Hidrodinamika merupakan salah satu cabang ilmu yang
            berhubungan dengan gerak liquid atau lebih dikhususkan pada gerak air. Skala atau lingkup analisis



                                                                                                                55
   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66