Page 37 - bingx
P. 37

13. Metode penelitian sejarah memiliki langkah-langkah yang harus ditempuh sehingga akhirnya

                 kan  mengjasilkan  karya  tulis  sejarah.  Sebelum  melaksanakan  tahap  pengumpulan  sumber
                 (heuristik), kita haru terlebih dahulu melakukan ….
                 A. menentukan rencana penelitian

                 B. mendata sumber yang akan digunakan
                 C. menentukan topik dan tema penelitian
                 D. melakukan survei ke lokasi situs sejarah

                 E. menentukan anggaran proyek penelitian
             14. Alasan  utama  dilakukannya  uji  keaslian  dan  validitas  data  dan  sumber  sejarah  dalam
                 penelitian sejarah adalah ….

                 A. agar hasil penelitian orisinil dan valid
                 B. memenuhi kaidah ilmu dalam penelitian

                 C. meningkatkan reputasi peneliti dalam komunitas ilmiah
                 D. menghindaribias, prasangka, atau kepentingan tertentu pada data



             15. Berikut ini yang termasuk dalam tahap-tahap perkembangan historiografi Indonesia adalah ….
                 A. historiografi modern, historiografi lokal, dan historiografi nasional

                 B. historiografi tradisional, historiografi kolonial, dan historiografi modern
                 C. historiografi lokal, historiografi kolonial, dan historiografi tradisional
                 D. historiografi nasional, historiografi modern, dan historiografi colonial

                 E. historiografi nasional, historiografi lokal, dan historiografi tradisional

            Uraian

                1.  Manfaat  belajar  sejarah  tidak  hanya  sebagai  pengetahuan  tentang  peristiwa  masa  lalu,
                    tetapi juga dapat dijadikan sebagai modal bertindak dimasa kini dan menjadi perencanaan
                    bagi masa yang akan datang. Analisislah 5 (lima) manfaat dari mempelajari ilmu sejarah?

                2.  Mengapa sejarah sebagai peristiwa disebut bersifat objektif dan unik?
                3.  Identifikasilah perbedaan antara karya sejarah dan karya sastra?

                4.  Jelaskanlah perbedaan antara konsep berpikir diakronik dan sinkronik dalam sejarah?
                5.  Sebagai seorang peneliti sejarah, bagiamana seharusnya sikap ananda dalam menafsirkan
                    suatu  peristiwa  sejarah  dan  perlukah  menggunakan  lebih  dari  satu  sudut  pandang?

                    Kemukakan pendapa ananda!














                                                                                                               30
   32   33   34   35   36   37   38   39   40