Page 3 - bingx
P. 3

KATA PENGANTAR

                    Puji  syukur  yang  sebesar-besarnya  penulis  panjatkan  kehadirat  Tuhan  Yang  Maha
            Esa  berkat  rahmat  dan  hidayahNya,  atas  selesainya  buku  ini  dan  akhirnya  dapat  hadir  di
            hadapan pembaca.

                    Tujuan  dari  penulisan  buku  ini  adalah  untuk  membantu  peserta  didik  dalam  mencapai
            tujuan dalam mempelajari geografi khususnya di masa sulit pandemi Covid-19 seperti yang terjadi
            sat  ini.  Dengan    buku  ini  diharapkan  peserta  didik  mampu    untuk  memahami  gejala  alam  dan
            kehidupan  dalam  keterkaitan  keruangan  dan  pengembangan  kewilayahan.  Penulisan  buku  ini
            jugabertujuan  untuk  membantu  peserta  didik  dalam  rangka  mengembangkan  sikap  kritis  dan
            ilmiah  dalam  memecahkan  berbagai  permasalahan  yang  mungkin  timbul  sebagai  akibat
            dari adanya interaksi antara manusia dan lingkungan sekitarnya.

                    Buku  ini  ditulis  dengan  pemaparan  yang  sederhana,  namun  mudah  untuk  dipahami
            dan  dipelajari  dalam  pemikiran  peserta  didik.  Isi  dan  urutan  setiap  babnya  terdiri  atas
            tujuan pembelajaran, apresepsi, dan uraian materi, di mana setiap pergantian subbab terdapat ,
            tugas-tugas       baik       individu     maupun         kelompok,       tugas       ketrampilan,
            rangkuman, dan uji kompetensi di setiap akhir bab  dalam bentuk pilihan ganda dan esay. Dalam
            buku ini juga dihadirkan berbagai gambar, peta, diagram, foto, tabel, dan grafik untuk mendukung
            kelengkapan materi.


                    Untuk  mempelajari  buku  ini  pertama-tama  peserta  didik  harus  mempelajari  dan
            memahami  tujuan  pembelajaran  pada  setiap  bab.  Hal  ini  perlu  ditekankan  karena
            tujuan  pembelajaran  merupakan  target  dan  sasaran  belajar  bagi  peserta  didik.  Setelah
            itu    hendaknya      peserta     didik    memahami        uraian    materi,     serta    semua
            pengayaan  sampai  akhirnya  benar-benar  paham  akan  hakikat  dan  isi  uraian  materi
            pada  setiap  bab.  Setelah  mempelajari  dan  memahami  uraian  materi,  peserta  didik
            diharapkan mampu untuk mengerjakan kegiatan  siswa  dan  soal-soal uji kompetensi, hal ini untuk
            melihat dan mengukur kemampuan dari peserta didik.


                    Akhirnya  penulis  berharap,  buku  ini  mampu  membawa  mata  pelajaran  geografi
            menjadi  mata  pelajaran  yang  lebih  hidup  dan  menarik,  serta  bermanfaat  bagi  peserta
            didik  dan  para  guru  dalam  mengembangkan  wawasan  keilmuannya.  Selamat  belajar,
            berjuang, dan sukses selalu.


                                                                                    Yogyakarta,  Juli  2021






                                                                                    Penulis



























                                                                                                                  iii
   1   2   3   4   5   6   7   8