Page 44 - bingx
P. 44

GERAK PARABOLA


         1.  KEGIATAN BELAJAR I
            1.1.  KD DAN IPK

                            Kompetensi Dasar                     Indikator Pencapaian Kompetensi
                   3.5   Menganalisis  gerak  parabola  3.5.1      Mendefinisikan gerak parabola
                         dengan  mengunakan  vektor,  3.5.2        Membandingkan  efek  perubahan  sudut
                         berikut  makna  fisisnya  dan             dan kecepatan awal pada gerak parabola
                         penerapannya             dalam  3.5.3     Menganalisis    besaran-besaran    gerak
                         kehidupan sehari-hari.                    parabola menggunakan vektor
                                                           3.5.4   Menerapkan  konsep  gerak  parabola
                                                                   dalam kehidupan sehari-hari
                   4.5   Mempresentasikan  data  hasil  4.5.1      Mempresentasikan      hasil   percobaan
                         percobaan  gerak  parabola  dan           karakteristik gerak parabola
                         makna fisisnya.

            1.2.  MATERI

                  Fisika di Sekitar Kita
                    Pasti  kita  sudah  tidak  asing  lagi  dengan  permainan  “Angry  Birds”.  Permainan  ini
                  menceritakan tentang sekelompok burung yang marah karena para babi sudah mencuri telur
                  mereka kemudian para burung berencana untuk menghancurkan kota para babi.



















                    Masih  banyak  siswa  yang  memiliki  pikiran  dibenak  mereka,  ”kita  belajar  fisika  buat  apa
                  sih?”. Padahal banyak sekali penerapan fisika yang bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-
                  hari. Salah satunya adalah permainan “Angry Birds” yang ternyata menerapkan suatu konsep
                  fisika yaitu gerak parabola. Game menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan di era digital
                  seperti saat ini. Jika ada Ananda yang tertarik di dunia bisnis game, bias menjadi gambaran
                  ke  depan  untuk  membuat  game  edukatif  yang  menggunakan  konsep  fisika  dan  didesain
                  sekeren mungkin.













                                                                                                             38
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49