Page 44 - bingx
P. 44
GERAK PARABOLA
1. KEGIATAN BELAJAR I
1.1. KD DAN IPK
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Menganalisis gerak parabola 3.5.1 Mendefinisikan gerak parabola
dengan mengunakan vektor, 3.5.2 Membandingkan efek perubahan sudut
berikut makna fisisnya dan dan kecepatan awal pada gerak parabola
penerapannya dalam 3.5.3 Menganalisis besaran-besaran gerak
kehidupan sehari-hari. parabola menggunakan vektor
3.5.4 Menerapkan konsep gerak parabola
dalam kehidupan sehari-hari
4.5 Mempresentasikan data hasil 4.5.1 Mempresentasikan hasil percobaan
percobaan gerak parabola dan karakteristik gerak parabola
makna fisisnya.
1.2. MATERI
Fisika di Sekitar Kita
Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan permainan “Angry Birds”. Permainan ini
menceritakan tentang sekelompok burung yang marah karena para babi sudah mencuri telur
mereka kemudian para burung berencana untuk menghancurkan kota para babi.
Masih banyak siswa yang memiliki pikiran dibenak mereka, ”kita belajar fisika buat apa
sih?”. Padahal banyak sekali penerapan fisika yang bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-
hari. Salah satunya adalah permainan “Angry Birds” yang ternyata menerapkan suatu konsep
fisika yaitu gerak parabola. Game menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan di era digital
seperti saat ini. Jika ada Ananda yang tertarik di dunia bisnis game, bias menjadi gambaran
ke depan untuk membuat game edukatif yang menggunakan konsep fisika dan didesain
sekeren mungkin.
38