Page 27 - bingx
P. 27

Penulisan Vektor
            Vektor ditulis tegak dan tebal (jika dalam penulisan komputasi), misal vektor gaya F
            Jika  penulisan  tangan,  maka  tidak  perlu  tebal,  namun  menuliskan  panah  diatas  huruf  simbol
                         ⃗
            vektor, misal F

            1.1  Menggambar Vektor
            Cara  menggambar  vektor  untuk  memperoleh  resultan  (penjumlahan)  vektor  dibagi  menjadi  tiga
            metode, yaitu metode segitiga, metode polygon, metode jajar genjang.
            Jika kita memiliki beberapa vektor, seperti berikut,
                                                                                      ⃗⃗
                                                                                  ⃗⃗
                                                                         ⃗⃗
                                                                             ⃗⃗
                                         Jikalau yang ditanyakan adalah,    =    +    +   





                         Metode Segitiga         Metode Jajar Genjang           Metode Polygon











                     Pangkal-panah-pangkal- Pangkal bertemu pangkal          Seperti segitiga namun
                              panah                                          bentuk nya bisa lebih
                                                                                   bervariasi

            1.2  Komponen Vektor
            Setelah Ananda memahami dan mengerti terkait penulisan dan cara menggambaran vektor, maka
            mari kita pelajari dan fahami terkait komponen vektor.
            Sebuah  vektor  dapat  diuraikan  menjadi dua  buah  vektor  yang  saling  tegak  lurus.  Vektor-vektor
            baru hasil uraian disebut vektor-vektor komponen. Vektor diuraikan pada sumbu koordinat x dan y.
            Contoh : Vektor F dengan sudut θ

                                                           Sudut kedua vektor berlaku :
                                                                                         
                                                                             tan    =
                                                                                         

                                                           Besar resultan vector dari vektor-vektor pada
                                                           koordinat (sumbuX-Y)


            komponen Vektor pada sumbu-x :                                  = √     +     
                                                                                    
                                                                                          
                                                                                    
                                                                                          
                               =             
                                

            Komponen pada sumbu-y :
                               =              
                                






                                                                                                             21
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32