Page 54 - bingx
P. 54

C.  Pasar

                 adalah tempat fisik dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk membeli atau menjual

                 barang.
                1.  Peran pasar dalam perekonomian
                    a.  Mendistribusikan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen

                    b.  Memperkenalkan produk yang dihasilkan oleh produsen kepada para konsumen
                    c.  Sebagai tempat tawar dan menawar pembeli dan penjual sehingga terbentuk tingkat

                       harga tertentu.
                2.  Macam – macam pasar
                    a.  Berdasarkan Wujudnya

                       1)  Pasar konkret, yaitu tempat terjadinya hubungan jual beli antara pembeli dan
                           penjual secara langsung
                       2)  Pasar abstrak, yaitu pasar yang menunjukkan hubungan penjual dan pembeli baik

                           secara langsung maupun tidak dimana barang tidak secara langsung dapat
                           diperoleh pembeli.
                    b.  Berdasarkan waktu terjadinya

                       1)  Pasar harian
                       2)  Pasar mingguan

                       3)  Pasar mingguan
                       4)  Pasar bulanan
                       5)  Pasar tahunan

                       6)  Pasar Temporer
                    c.  Berdasarkan luas jangkauannya

                       1)  Pasar lokal
                       2)  Pasar nasional
                       3)  Pasar internasional

                    d.  Berdasarkan barang yang diperjualbelikan
                       1)  Pasar output, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang – barang hasil produksi
                       2)  Pasar input, yaitu pasar yang memperjualbelikan faktor – faktor produksi


                3.  Struktur Pasar
                    a.  Pasar persaingan sempurna

                    Yaitu pasar yang memiliki banyak penjual dan pembeli sehingga masing – masing pembeli
                       dan penjual tidak dapat memengaruhi harga pasar

                    Cirinya :
                       1)  Perusahaan sebagai pengambil harga




                                                                                                                48
   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59