Page 54 - bingx
P. 54
C. Pasar
adalah tempat fisik dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk membeli atau menjual
barang.
1. Peran pasar dalam perekonomian
a. Mendistribusikan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen
b. Memperkenalkan produk yang dihasilkan oleh produsen kepada para konsumen
c. Sebagai tempat tawar dan menawar pembeli dan penjual sehingga terbentuk tingkat
harga tertentu.
2. Macam – macam pasar
a. Berdasarkan Wujudnya
1) Pasar konkret, yaitu tempat terjadinya hubungan jual beli antara pembeli dan
penjual secara langsung
2) Pasar abstrak, yaitu pasar yang menunjukkan hubungan penjual dan pembeli baik
secara langsung maupun tidak dimana barang tidak secara langsung dapat
diperoleh pembeli.
b. Berdasarkan waktu terjadinya
1) Pasar harian
2) Pasar mingguan
3) Pasar mingguan
4) Pasar bulanan
5) Pasar tahunan
6) Pasar Temporer
c. Berdasarkan luas jangkauannya
1) Pasar lokal
2) Pasar nasional
3) Pasar internasional
d. Berdasarkan barang yang diperjualbelikan
1) Pasar output, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang – barang hasil produksi
2) Pasar input, yaitu pasar yang memperjualbelikan faktor – faktor produksi
3. Struktur Pasar
a. Pasar persaingan sempurna
Yaitu pasar yang memiliki banyak penjual dan pembeli sehingga masing – masing pembeli
dan penjual tidak dapat memengaruhi harga pasar
Cirinya :
1) Perusahaan sebagai pengambil harga
48